Laporan Direksi
  • Para Pemegang Saham yang terhormat,

    Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, kami melaporkan bahwa kinerja Perseroan pada tahun 2017 memberikan hasil yang baik seiring dengan mulai menguatnya pertumbuhan ekonomi global dan pemulihan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih terus berlanjut.

    Di tahun 2017, pergerakan harga minyak mentah yang cenderung lebih stabil dibandingkan tahun 2016 dan penerapan strategi manajemen telah mendorong meningkatnya nilai penjualan konsolidasian Perseroan tahun 2017 sebesar 16,09% dari USD 276,11 juta pada tahun 2016 menjadi USD 320,55 juta. Dengan peningkatan penjualan ini, pada tahun 2017 Perseroan dapat membukukan laba sebelum pajak sebesar USD 17,65 juta meningkat sebesar 54,79% dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 11,41 juta.

    Pada tahun 2016 Perseroan mencatat laba tahun berjalan sebesar USD 21,12 juta, sedangkan pada tahun 2017 laba tahun berjalan tercatat sebesar USD 11,93 juta. Hal ini dikarenakan pada tahun 2016 Perseroan mencatat manfaat pajak penghasilan tangguhan bersih dari revaluasi aset tetap.

    Pada akhir tahun 2017, Perseroan mulai mengoperasikan dermaga baru di pabrik Perseroan di Merak dengan kapasitas 50.000 DWT. Beroperasinya dermaga baru ini akan memberikan penghematan pada biaya pengadaan bahan baku. Perseroan juga merencanakan untuk melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan efisiensi produksi dengan tetap mengutamakan kualitas produk.

    Penjualan Perseroan yang sebagian besar merupakan penjualan domestik dilakukan dalam mata uang Rupiah, sementara Perseroan melakukan impor sebagian besar bahan bakunya dari luar negeri, sehingga ada risiko nilai tukar mata uang asing terhadap Rupiah. Perseroan memperhatikan kondisi ini dan mengupayakan keseimbangan aset dan liabilitas dalam mata uang asing serta melakukan lindung nilai mata uang asing terhadap Rupiah.

    Pertumbuhan ekonomi global tahun 2018 diproyeksikan tumbuh hingga 3,1%, lebih baik dibandingkan dengan pencapaian di tahun 2017. Hal ini didorong dari berlanjutnya ekpansi di sektor manufaktur karena arus perdagangan kembali tumbuh. Pertumbuhan ekonomi pada negara berkembang juga mengalami penguatan karena didukung dari meningkatnya aktivitas eskpor dan kenaikan harga komoditas dan hal ini berdampak pada perekonomian nasional yang mengindikasikan pertumbuhan yang positif. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2018 diproyeksikan sebesar 5,4% meningkat dibandingkan tahun 2017.

    Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan pertambahan jumlah penduduk memberikan prospek yang cerah untuk industri deterjen. Potensi pertumbuhan konsumsi deterjen di Indonesia masih memiliki perluang cukup besar karena konsumsi deterjen per kapita di Indonesia masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Oleh karena itu, kami optimis akan masa depan Perseroan dan siap meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan bahkan meningkatkan ekspor.

    Prospek cerah Indonesia juga menarik perhatian para kompetitor dari luar untuk masuk dalam pasar domestik, sehingga persaingan dengan produk impor akan terus mengancam Perseroan. Oleh karena itu peran Pemerintah untuk melindungi produsen lokal sangat diharapkan untuk dapat menjaga kestabilan operasi produsen lokal, salah satunya dengan menekan biaya bahan bakar untuk industri di dalam negeri yang saat ini masih termasuk tinggi dibandingkan dengan biaya bahan bakar yang dinikmati oleh industri di negara tertentu, sehingga menyebabkan beban biaya produksi yang lebih tinggi.

    Ke depannya, kami akan tetap fokus untuk menjamin pasokan produk di dalam negeri dan meningkatkan efisiensi biaya. Kami akan terus menjajaki segala kemungkinan untuk memperluas bisnis agar memperkuat posisi kami sebagai produsen terpadu dan juga mengamankan pasokan bahan baku. Kami juga siap untuk meningkatkan kapasitas produksi kami untuk memenuhi permintaan Alkylbenzene dalam negeri maupun luar negeri di tahun-tahun mendatang.

    Dalam penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG), Perseroan menyadari bahwa GCG merupakan bagian penting dalam pengelolaan operasional Perseroan untuk menjaga kepentingan seluruh Pemangku Kepentingan dan meningkatkan nilai bagi Pemegang Saham. Untuk itu Perseroan memastikan bahwa prinsip-prinsip dasar GCG yaitu keterbukaan, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi dan kewajaran serta kesetaraan diterapkan pada setiap aspek usaha dan pada seluruh tingkatan manajemen. Pelaksanaan GCG ini ditujukan untuk memastikan bahwa tata kelola Perseroan telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan memenuhi etika bisnis yang berlaku.

    Perseroan telah melaksanakan seluruh kewajiban penyelenggaraan pelaporan dan keterbukaan informasi secara tepat waktu bagi seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perseroan juga selalu berupaya memastikan organ-organ Perseroan seperti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, Direksi dan juga organ-organ pendukung seperti Komite Audit, Unit Audit Internal dan Sekretaris Perusahaan berfungsi dengan baik guna menunjang berjalannya GCG dalam Perseroan.

    Sebagai bagian dari pelaksanaan GCG, Perseroan juga memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, yang diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial Perusahaan, baik dalam lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat. Perseroan selalu berupaa menjaga kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya serta menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan asri, di sekitar Perseroan beroperasi.

    Perseroan juga berpartisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan dan turut berupaya meningkatkan kesempatan bagi anakanak Indonesia khususnya anak-anak di sekitar lingkungan Perseroan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dengan cara memberikan bantuan bangunan dan fasilitas sekolah serta beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi.

    Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh pemegang saham, pelanggan, pemasok, bank, kreditur, mitra bisnis, karyawan dan juga pemangku kepentingan lainnya, karena berkat kepedulian, dukungan dan kerjsama ini yang memungkinkan Perseroan berjalan lancar dan berkembang hingga saat ini.


    -j

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Triwulanan