Laporan Dewan Komisaris
  • Pemegang Saham Yang Terhormat,

    Puji syukur kepada Tuhan YME, Perusahaan telah melalui tahun 2012 yang penuh tantangan dengan baik. Pada tahun 2012 ini, nilai penjualan konsolidasi mengalami penurunan 0,3% dari USD 461,6 juta tahun lalu menjadi USD 460,2 juta. Namun marjin laba kotor mengalami peningkatan dari 8,5% tahun 2011 menjadi 8,7% di tahun 2012. Tantangan utama Perusahaan dalam tahun-tahun belakangan ini adalah keterbatasan pasokan bahan baku utama Alkylbenzene yaitu Normal Paraffin (NP). Manajemen pun melakukan beberapa langkah untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan menjaga pangsa pasar. Di lain pihak, entitas anak juga mengalami dinamika usaha. Beberapa langkah besar diambil oleh manajemen entitas anak dan mengakibatkan tekanan terhadap laba tahun berjalan, namun keputusan ini untuk tujuan jangka panjang agar Perusahaan dan entitas anak dapat tumbuh dengan baik. Kami menyetujui bahwa langkah yang dilakukan manajemen merupakan langkah yang tepat sebagai bagian dari strategi jangka panjang.

    Untuk tahun 2012, Perusahaan mencatat laba bersih konsolidasi (Laba Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk) sebesar USD 3,1 juta. Laba bersih ini turun sekitar 58% dibandingkan pencapaian tahun lalu. Laba bersih konsolidasi 2012 sebesar USD 3,1 juta termasuk pengaruh penurunan nilai aset sehubungan dengan rencana dihentikannya produksi Phosphate entitas anak di Australia sebesar USD 3,6 juta dan pengaruh bersih pencatatan klaim asuransi dan penghapusan sebagian unit Pacol yang terbakar sebesar USD 0,5 juta. Bila tanpa pengaruh kedua hal tersebut, Laba bersih konsolidasi 2012 adalah sebesar USD 6,2 juta.

    Kami telah menelaah tantangan dan prospek usaha untuk tahun 2013 dan kami mendukung sepenuhnya strategi yang akan diterapkan manajemen di tahun 2013 yang tercermin dalam rencana kerjanya untuk mempertahankan pangsa pasar dan menjadikan UIC sebagai mitra terpercaya yang handal. Kondisi perekonomian Indonesia juga berada dalam kondisi yang baik yang ditandai dengan tingginya peningkatan Pendapatan Domestik Bruto. Namun bukan berarti tidak ada tantangan lain yang dihadapi. Belum tercukupinya pasokan bahan baku, dan bahan bakar gas, serta maraknya kompetisi dengan barang impor harus direspons dengan cepat dan tepat. Kami menaruh kepercayaan yang tinggi bahwa dengan profesionalisme manajemen yang handal dan solid, hubungan yang erat dengan para pemasok, bankir serta para pelanggan setia, manajemen akan mampu mengatasi kendalakendala, dan mendorong Perusahaan mencapai target dan mengolah peluang-peluang di masa mendatang demi meningkatkan nilai bagi pemegang saham.

    Sebagai penerapan dari Tata Kelola Perusahaan, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit dalam menelaah laporan keuangan Perusahaan, independensi akuntan publik, kecukupan pengendalian internal, paket remunerasi bagi Dewan Komisaris dan Direksi sesuai dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) dan ketaatan Perusahaan terhadap perundang-undangan dan peraturan yang berlaku. Setelah melakukan evaluasi yang seksama terhadap laporan keuangan konsolidasian Perusahaan untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2012, Dewan Komisaris menyetujui dan menerima laporan keuangan konsolidasian tersebut.

    Akhir kata kami menyampaikan penghargaan yang tulus dan mengucapkan terima kasih kepada Direksi dan segenap karyawan Perusahaan atas dedikasi dan kerja keras sepanjang tahun 2012. Kami pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan, dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh segenap pemangku kepentingan. Semoga kebersamaan ini akan tetap terjalin dan terus ditingkatkan agar tercapai prestasi yang lebih gemilang di masa mendatang.

    *

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan dan Perundang-undangan Signifikan
  • Laporan Tahunan