Laporan Dewan Komisaris
  • Yang terhormat Para Pemegang Saham,

    Kami panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan Karunia-Nya kepada kita semua. Di tahun 2017 ini, kinerja Perseroan memberikan hasil yang baik.

    Di tengah pemulihan ekonomi global yang terus berlanjut, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2017 mencapai 5,1%, didorong oleh kelanjutan pertumbuhan investasi yang kuat dan pemulihan konsumsi. Pergerakan Rupiah yang stabil didukung oleh aliran modal asing ke Indonesia yang cukup signifikan sejalan dengan perkembangan eksternal dan domestik yang positif. Inflasi 2017 pun terkendali pada level yang rendah yakni 3,61%, meskipun sedikit lebih tinggi dari infasi tahun 2016.

    Membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional, pergerakan harga minyak mentah yang lebih stabil dan cenderung meningkat dibandingkan tahun 2016 serta strategi-strategi yang diterapkan oleh manajemen mendorong kinerja Perseroan pada tahun 2017 berjalan dengan baik.

    Keberhasilan Direksi dalam mengelola Perseroan tercermin pada kinerja keuangan Perseroan yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, Perseroan mencatat laba sebelum pajak penghasilan konsolidasian sebesar USD 17,65 juta, meningkat 54,79% dibandingkan tahun 2016.

    Laba tahun berjalan 2017 tercatat sebesar USD 11,93 juta, turun bila dibandingkan laba bersih tahun 2016. Pada tahun 2016, Perseroan mencatat manfaat pajak penghasilan dari penerapan revaluasi aktiva tetap perpajakan sebesar USD 13,61 juta. Untuk tujuan komparatif, bila manfaat pajak penghasilan tersebut tidak diperhitungkan, maka laba tahun berjalan tahun 2017 meningkat 58,75% atau USD 4,38 juta dibandingkan laba tahun berjalan tahun 2016.

    Pencapaian atas kinerja Perseroan di tahun 2017 ini membuktikan bahwa kebijakan dan langkah strategis yang diterapkan Direksi berhasil membawa Perseroan semakin tumbuh dan berkembang. Karenanya kami selaku Dewan Komisaris Perseroan mengapresiasi Direksi yang telah mengelola Perseroan dengan baik dalam situasi dan kondisi pasar yang kian menantang. Dewan Komisaris juga memastikan bahwa strategi yang diterapkan Direksi sejalan dengan kebijakan pencapaian jangka panjang.

    Atas rekomendasi Komite Audit dan evaluasi yang seksama terhadap laporan keuangan konsolidasian auditan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro dan Surja dalam laporannya No. RPC-5999/PSS/2018 tertanggal 28 Maret 2018 yang memberikan opini bahwa laporan keuangan Perseroan telah disajikan secara wajar, Dewan Komisaris telah menyetujui dan menerima laporan keuangan tersebut.

    Perekonomian nasional di tahun 2018 diharapkan bertumbuh pada tingkat yang lebih tinggi dari 2017, yakni 5,4%. Investasi pun diproyeksikan meningkat lebih pesat sejalan dengan pemulihan harga komoditas dan meningkatnya kepercayaan investor terhadap negara kita.

    Dewan Komisaris Perseroan telah menelaah prospek usaha dan rencana kerja Direksi untuk tahun mendatang. Pada tahun 2018, diharapkan pergerakan harga minyak mentah tetap stabil, pemulihan ekonomi global terus berlanjut dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri terlaksana sesuai

    Rencana Kerja Pemerintah. Memasuki tahun politik di mana Pilkada serempak akan diselenggarakan di tahun 2018 ini, diharapkan situasi politik dan keamanan tetap kondusif. Dengan kondisi tersebut diharapkan prospek pertumbuhan industri deterjen di Indonesia akan semakin berkembang dan dapat memberikan nilai maksimal kepada Pemegang Saham.

    Dengan mempertimbangkan kondisi-kondisi tersebut di atas, kami menilai Direksi telah secara matang memikirkan prospek usaha ke depan. Kami yakin Direksi akan mengambil langkah yang tepat sasaran guna meningkatkan kinerja usaha dan keuangan Perseroan, yang akan memberikan nilai tambah bagi para Pemegang Saham. Kami pun meyakini Direksi akan menerapkan prinsip kehatihatian dalam mengambil keputusan, dan selalu menjunjung tinggi etika bisnis guna menjamin kesinambungan usaha Perseroan.

    Dalam pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit dalam menelaah laporan keuangan Perseroan, independensi akuntan publik, kecukupan pengendalian intern, juga dalam mengevaluasi total paket remunerasi untuk Dewan Komisaris dan Direksi serta kepatuhan Perseroan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

    Implementasi Praktik Tata Kelola Perusahaan yang Baik di Perseroan terus menunjukkan perkembangan yang baik. Perseroan terus berupaya untuk menyempurnakan mekanisme, struktur dan fungsi organ-organ Perseroan yang menunjang terciptanya Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

    Dewan Komisaris melaksanakan pengawasan dengan memberikan saran atau nasihat terhadap pengelolaan Perseroan maupun implementasi kebijakan strategis serta tugas dan tanggung jawab Direksi melalui rapat rutin maupun rapat sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

    Akhir kata, kami menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada manajemen dan karyawan atas dedikasi, kerja keras dan upayanya dalam meningkatkan kinerja Perseroan. Kami menyadari semua ini juga tidak terlepas dari kerjasama para mitra bisnis, kreditur, pemasok, pelanggan dan Pemegang Saham. Oleh karenanya, kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak atas dukungan yang luar biasa untuk Perseroan sepanjang waktu ini.


    -j

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi Komprehensif Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Triwulanan