Sumber Daya Manusia
  • Perseroan menyadari peranan penting Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai mitra strategis Perseroan dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan usaha Perseroan yang berkesinambungan. Tanpa dukungan SDM maka seluruh program dan prosedur operasi yang telah dikembangkan tidak dapat diterapkan. Perseroan juga berkeyakinan bahwa setiap karyawan mempunyai beragam potensi dan bakat dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan usaha Perseroan.

    Untuk itu, Perseroan mempunyai komitmen untuk mengembangkan dan menyempurnakan sistem dan kebijakan SDM secara berkelanjutan. Perseroan juga terus berupaya meningkatkan kemampuan SDM dengan memberikan kesempatan yang luas bagi para karyawannya untuk mengembangkan kompetensinya baik secara teknis maupun non teknis melalui program pelatihan baik eksternal maupun internal guna mendapatkan SDM yang kompeten dan berkualitas. Perseroan juga berusaha untuk memadukan kemampuan setiap karyawannya menjadi kerjasama yang kuat dan sinergis.


    PENGEMBANGAN SDM TAHUN 2016

    Pengembangan kemampuan SDM pada tahun 2016 meliputi pelatihan orientasi terhadap karyawan baru, serta pelatihan teknis dan manajemen kepada karyawan lama. Di samping itu Perseroan juga memberikan kesempatan kepada para karyawannya untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar yang diselenggarakan oleh pihakpihak atau lembaga di luar Perseroan. Program tersebut dipilih berdasarkan kebutuhan pengembangan karyawan Perseroan untuk meningkatkan kinerja Perseroan.

    Selain itu, Perseroan selalu berupaya untuk menyiapkan kader-kader penting bagi kelangsungan Perseroan, dengan cara melakukan pengkajian dan pembinaan berkesinambungan karyawan yang berpotensi dan berkompetensi, agar karyawan tersebut siap menduduki posisi-posisi penting. Perseroan juga melakukan proses rekrutmen tenaga kerja yang dilakukan secara selektif untuk mendapatkan SDM yang trampil, profesional dan berintegritas tinggi.

    Perseroan secara aktif berupaya untuk meningkatkan kondisi keselamatan dan Kesehatan kerja para karyawannya dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan kondusif, antara lain dengan mengikutsertakan karyawannya untuk mengikuti pelatihan dan workshop dalam bidang Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L), sistem pengelolaan limbah, ISO 14001 dan OHSAS 18001 baik internal maupun eksternal.

    Di tahun 2016, Perseroan berhasil mempertahankan sertifikasi internasional sistem manajemen lingkungan yaitu ISO 14001 dan sertifikasi internasional dalam sistem manajemen keselamatan kerja yaitu OHSAS 18001.


    Pengembangan Karir

    Perseroan selalu menjunjung tinggi persamaan kesempatan bagi seluruh karyawannya, setiap karyawan diperlakukan secara profesional dan wajar untuk memperlihatkan hasil kerjanya demi mengembangkan dan meningkatkan karir dari karyawan yang bersangkutan. Perseroan tidak membedakan setiap karyawannya baik berdasarkan suku, ras, agama, jenis kelamin dan kondisi fisik, Perseroan akan menilai hasil kerja Karyawan sebagai dasar kenaikan karir

    Manajemen Perseroan selalu berusaha menempatkan karyawannya pada posisi yang sesuai dan kemampuan, keahlian dan ketrampilannya. Untuk memantau kesesuaian posisi dengan kemampuan dan hasil kerja Karyawan, Perseroan secara berkala melakukan evaluasi kinerja karyawan. Hasil evaluasi tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penempatan posisi karyawan, promosi jabatan, dan juga manfaat lainnya.


    Komunikasi Karyawan

    Untuk meningkatkan komunikasi antara karyawan dengan Perseroan, berbagai kebijakan, peraturan atau prosedur diumumkan langsung kepada karyawan, melalui pertemuan langsung dengan karyawan, pengumuman dan penerbitan buku Peraturan Perseroan.

    Sesuai dengan Undang-undang Ketenagakerjaan dan untuk menciptakan hubungan kerja yang harmonis dan serasi antara Perseroan dan karyawan, UIC telah membentuk Serikat Pekerja - Kimia, Enerji dan Pertambangan (SP-KEP) yang pendiriannya tercatat di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja Cilegon dengan No. Kep. 13/DPC FSP/SRGCLG/VI/2001 pada tanggal 17 Juni 2001. SP-KEP ini merupakan lembaga yang menjembatani komunikasi antara karyawan dan Perseroan, dalam menyalurkan aspirasinya sehingga dapat tercipta iklim kerja dan usaha yang baik.

    Perseroan juga selalu berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, aman dan kondusif berlandaskan kepercayaan dan komunikasi yang terbuka pada setiap jenjang organisasi.


    Penghargaan terhadap Karyawan

    Sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawannya, Perseroan berupaya untuk memberikan kesejahteraan bagi karyawannya dalam bentuk berbagai manfaat sosial, finansial maupun psikologis yang meliputi:

    • Program dana pensiun yang dikelola oleh Dana Pensiun Unggul Indah Cahaya;
    • Pemeriksaan kesehatan bagi seluruh karyawan secara berkala dan tunjangan kesehatan bagi karyawan dan keluarganya;
    • Penyediaan fasilitas olahraga bagi karyawan di lingkungan kerja;
    • Bonus dan promosi;
    • Program pinjaman lunak;
    • Penghargaan khusus yang disesuaikan dengan masa kerja masing-masing karyawan;
    • Setiap tahun Perseroan juga menyelenggarakan acara Kebersamaan Karyawan dan keluarga, guna mempererat hubungan antara manajemen, karyawan dan keluarga karyawan.

    Dan untuk menjaga agar kompensasi yang diberikan Perseroan senantiasa kompetitif dan sejalan dengan perkembangan dunia usaha, setiap tahunnya Perseroan selalu melakukan evaluasi sistem kompensasi gaji, tunjangan dan fasilitas lainnya.


    -Y-

Profil Perusahaan
  • Visi, Misi dan Filosofi
  • Riwayat Singkat
  • Perjalanan UIC
  • Profil Dewan Komisaris
  • Profil Direksi
  • Komposisi Pemegang Saham
  • Komite Audit
  • Sumber Daya Manusia
  • Data Entitas Anak
  • Sekretaris Perusahaan
  • Audit Internal
  • Tata Kelola Perusahaan yang Baik
  • Struktur Perusahaan
  • Penghargaan dan Sertifikasi
  • Piagam Komite Audit