PERUSAHAAN  |  PRODUK  |  HUBUNGAN INVESTOR | HUBUNGAN INDUSTRIAL
     ENGLISH   INDONESIAN
 HOME | SITE MAP | CONTACT US
Filosofi Perusahaan
Sekilas Perusahaan
Keunggulan Kompetitif
Perjalanan UIC
Dewan Komisaris
Dewan Direksi
Pemegang Saham
Komite Audit
Sumber Daya Manusia
Anak Perusahaan & Afiliasi
Peta Lokasi UIC

Anak Perusahaan & Afiliasi



PT Petrocentral

Petrocentral adalah produsen tunggal Sodium Tripolyphosphate (STPP) di Indonesia. Kegunaan utama STPP adalah sebagai bahan baku utama dalam deterjen yang berfungsi sebagai "water softener" sehingga dapat meningkatkan daya bersih deterjen.

Sejak tahun 2004, Petrocentral telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000 atas sistem kualitas manajemennya (Quality Management System) dalam memproduksi dan menjual STPP. Sertifikasi ini diperoleh dari Standard Assurance and Innovation (SAI) Global Limited dan The International Certification Network (IQNet).

Karena meningkatnya persaingan dari produk Cina, penjualan Petrocentral tahun 2005 mengalami penurunan dari 48.553 MT atau US$ 28,75 juta pada tahun 2004 menjadi 36.295 MT atau US$ 24,26 juta pada tahun ini. Untuk itu, manajemen telah memutuskan akan melakukan investasi pada perusahaan Cina yang memproduksi phosphoric acid, bahan baku untuk memproduksi STPP. Dengan menggabungkan bisnisnya dari hulu, manajemen dapat menjaga sebagian pasokan dan biaya bahan baku sehingga dapat meningkatkan daya saingnya.

Untuk memproduksi STPP, Petrocentral mempunyai kapasitas produksi terpasang 65.000 MT per tahun. Di tahun 2005, kuantitas produksi aktual STPP adalah 39.172 MT atau 60,26% dari total kapasitas produksi terpasang.

Walaupun harga jual per metrik ton meningkat sebesar 12,86%, hal tersebut tidak dapat mengatasi kenaikan dari harga bahan baku utama sebesar 39,20% dan kenaikan biaya-biaya tetap, sehingga mengurangi laba kotor Petrocentral dari US$ 6,35 juta di tahun 2004 menjadi US$ 1,79 juta di tahun 2005. Sebagai hasilnya, Petrocentral mencatat rugi bersih tahun 2005 sejumlah US$ 0,20 juta, menurun 109,57% dari laba bersih tahun lalu sebesar US$ 2,09 juta.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
Petrocentral didirikan dalam rangka Undang-undang Penanaman Modal Dalam Negeri No. 6 tahun 1968 berdasarkan akta Notaris Soeleman Ardjasasmita SH No. 4, tanggal 3 Maret 1986 yang diperbaiki oleh notaris yang sama, dengan akta No. 31, tanggal 20 November 1986.

Lokasi
Kantor pusat dan pabrik terletak di
Jl.Raya Roomo, Gresik, Jawa Timur.

Pemegang Saham
PT Unggul Indah Cahaya Tbk.   61,7%
PT Fosfindo                               12,7%
PT Petrokimia Gresik (persero)   9,8%
PT Salim Chemicals Corpora       6,4%
PT Supra Veritas                        6,4%
PT Kodel                                      3,0%

Susunan Dewan Komisaris
dan Dewan Direksi

Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Soegeng Sarjadi
Komisaris           : Agus Ismail
Komisaris           : Muktar Widjaja
Komisaris           : Andi Hartandi
Komisaris           : Hartono Gunawan (mengundurkan
                             diri sejak 20 Desember 2006)
Komisaris           : Hendra Sujanto
Komisaris           : Eddy William Katuari

Dewan Direksi
Direktur Utama: Yani Alifen
Direktur           : Paulus I. Setiawan
Direktur           : Andi Solaiman
Direktur           : Budiyono Adi Darma
Direktur           : Setiadarma Tandunegara

Jumlah Karyawan
268 orang

Produk
Sodium Tripolyphosphate (STPP)

Kapasitas Produksi Terpasang
65.000 MT per tahun

Pemasaran dan Distribusi
Pemasaran STPP mencakup hampir seluruh kebutuhan pasar dalam negeri.

Lisensi dan Royalti
Babcock process dari Deutsche Babcock Anlangen AG., Jerman

Lokasi dan Jenis Aktiva Tetap
Lokasi tanah dan bangunan pabrik, mesin dan peralatan pabrik terletak di Jl. Raya Roomo, Gresik, Jawa Timur.




-back to the top-


UIC VIETNAM Co., Ltd.

UICV, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Perusahaan, terletak di Dong Nai , Vietnam dan bergerak dalam produksi dan distribusi Linear Aklylbenzene Sulphonic Acid ("LABSA") dan Sodium Lauryl Ether Sulphate ("SLES").

LABSA yang merupakan turunan (Alkylbenzene adalah komponen aktif utama dalam hampir seluruh deterjen bubuk dan cair, selain itu merupakan komponen pembersih utama dalam shampo rambut dan sabun cair. Dan juga digunakan sebagai bahan pelarut dalam industri obat-obatan.

Total kuantitas penjualan UICV tahun 2005 tumbuh rendah sebesar 0,5% dari 20.991 MT pada tahun lalu menjadi 21.095 MT. Pertumbuhan utamanya adalah dalam ekspor LABSA.

Penjualan LABSA tahun 2005 sebesar 18.082 MT, meningkat 7,43% dibandingkan angka pada tahun 2004 sebesar 16.832 MT. Di sisi lain, kuantitas penjualan SLES mengalami penurunan yang memprihatinkan, yaitu sebesar 27,54% dari 4.158 MT pada tahun lalu menjadi 3.013 MT pada tahun ini. Penurunan ini dikarenakan penurunan pengambilan dari salah satu pelanggan utama UICV yang mengubah formulanya menjadi SLES jenis lain. Saat ini, UICV telah menyesuaikan SLES-nya agar sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

Total kuantitas produksi adalah 20.779 MT, menurun sedikit 0,32% dibandingkan 20.845 MT pada tahun lalu. Kuantitas produksi LABSA meningkat 6,24% dari 16.782 MT pada tahun lalu menjadi 17.830 MT pada tahun ini, terutama untuk mendukung perkembangan di pasar ekspor. Akan tetapi, kuantitas produksi SLES menurun 27,44% dari 4.064 MT di tahun 2004 menjadi 2.949 MT pada tahun ini, hal ini dikarenakan berkurangnya pengambilan oleh salah satu pelanggan utama, pada saat uji coba SLES jenis lain dilakukan. Jenis SLES yang baru ini telah disetujui oleh pelanggan dan diharapkan dapat mulai dikirim pada bulan Maret 2006.

Pada tahun ini UICV mendapatkan perpanjangan sertifikasi ISO 9001:2000 untuk tiga tahun ke depan sampai tahun 2008.

Harga rata-rata bahan baku per metrik ton meningkat 30% dibandingkan dengan tahun lalu, sedangkan rata-rata kenaikan harga jual pada periode yang sama adalah 26%.

Selain itu, volume penjualan SLES yang biasanya menyumbangkan marjin laba kotor yang lebih tinggi dibandingkan LABSA, mengalami penurunan sebesar 27,54% dibandingkan tahun 2004. Sebagai akibatnya, margin laba kotor mengalami penurunan dari 12,95% pada tahun lalu menjadi 8,87% pada tahun ini.

Gambaran di tahun depan akan lebih kurang dalam batasan yang sama dengan tahun ini. Kuantitas penjualan diharapkan akan tumbuh 3,5% di mana telah ada indikasi bahwa harga bahan baku akan menurun, akibat dari meningkatnya pengambilan LABSA. Diharapkan kuantitas penjualan dari jenis SLES yang baru akan tumbuh menggantikan jenis SLES yang lama.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
UIC Vietnam didirikan dalam rangka Undang-undang Penanaman Modal Asing berdasarkan Investment License No. 577/GP tanggal 6 April 1993 yang dikeluarkan oleh State Committee for Cooperation and Investment (SCCI), sekarang bernama Ministry of Planning and Investment (MPI) di Republik Sosialis Vietnam .

Lokasi
Berkantor pusat di 250 Nguyen Dinh Chieu St., District 3, Ho Chi Minh City, Vietnam dengan pabriknya yang terletak di Go Dau Industrial Zone, Phuoc Thai Village, Long Thanh District, Dong Nai Province, Vietnam.

Pemegang Saham
PT Unggul Indah Cahaya Tbk. 100%

Susunan Direksi
Direktur Utama          : Hartono Gunawan
(mengundurkan diri sejak 20 Desember 2006)
Wakil Direktur Utama : Yani Alifen
Direktur                     : Tan Kee Chek
Penasihat Keuangan: Andi Solaiman

Jumlah Karyawan
73 orang

Produk
Linear Alkylbenzene Sulfonic Acid (LABSA)
Sodium Lauryl Ether Sulphate (SLES)

Kapasitas Produksi Terpasang
30.000 MT per tahun

Pemasaran dan Distribusi
Pemasaran LABSA dan SLS/SLES mencakup kebutuhan pasar dalam negeri dan sebagian diekspor ke luar negeri.

Lokasi dan Jenis Aktiva Tetap
Lokasi tanah dan bangunan pabrik, mesin dan peralatan pabrik terletak di Phuoc Thai Village, Long Thanh District, Dong Nai Province, Vietnam.




-back to the top-


UNGGUL INDAH INVESTAMA (UII)

UII, di mana Perusahaan memiliki 99,99% sahamnya, didirikan pada tahun 1996 berkaitan dengan rencana partisipasi Perusahaan dalam PT Wiranusa Grahatama (WG), sebuah perusahaan patungan untuk pembangunan gedung perkantoran dan apartemen. Sebagai bagian dari rencana tersebut, UII telah berpartisipasi dalam Convertible Bond (CB) yang diterbitkan oleh WG.

Karena adanya krisis ekonomi di tahun 1997, rencana pembangunan tersebut ditunda. Akan tetapi, pada tahun 2004, WG memulai kembali kegiatan pembangunan proyek tersebut, dan oleh karena itu, di tahun 2005, UII mengkonversikan sebagian dari CB-nya menjadi saham WG di mana kemudian UII menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikan saham sebesar 55%.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
Perusahaan didirikan dalam rangka Undang-undang No. 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas dan berdasarkan akta Notaris Popie Savitri Martosuhardjo Pharmanto SH No.19, tanggal 22 Juli 1996, dengan perubahan pada tanggal 30 Agustus 1996 oleh notaris yang sama.

Lokasi
Berkantor pusat di Wisma UIC Lt. 2, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 6-7, Jakarta 12930.

Pemegang Saham
PT Unggul Indah Cahaya Tbk.   99,99%
PT Aspirasi Luhur                        0,01% (1 saham)

Susunan Dewan Komisaris
dan Dewan Direksi

Dewan Komisaris
Komisaris Utama           : Andi Hartandi
Wakil Komisaris Utama  : Hanny Sutanto
Komisaris                      : Indrawan Masrin
Komisaris                      : Eddy William Katuari
Komisaris                      : Lioe Seng Tjin

Dewan Direksi
Direktur Utama           : Hartono Gunawan
Wakil Direktur Utama  : Yani Alifen
Direktur                      : Andi Solaiman
Direktur                      : Jimmy Masrin
Direktur                      : Handoyo Sutanto

Jenis Usaha
Investasi




-back to the top-


PT Universal Interchemicals Corp.,Ltd. (UICPL)

Didirikan pada tahun 1991 dan berlokasi di Singapura, UICPL adalah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Perusahaan. UICPL bertindak sebagai agen perdagangan bahan-bahan kimia untuk Perusahaan dan anak perusahaan dan sebagai distributor UIC untuk pasar ekspor.

Di tahun 2003, UICPL mendapat penghargaan "Fastest Growing 50" dari DP Group atas keberhasilannya menjadi perusahaan yang mempunyai perkembangan tercepat kedua di Singapura dari 2.388 perusahaan yang terpilih. Di awal tahun 2006, UICPL sekali lagi dianugerahi "Singapore 1000 Company" dari lembaga yang sama atas kinerjanya yang baik pada segi penjualan, laba bersih dan indikator keuangan lainnya.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
UICPL adalah perusahaan yang didirikan di bawah Undang-undang Perseroan Singapura pada tahun 1988 dan terdaftar dengan nomor usaha 199100093N.

Lokasi
Berkantor pusat di 75 Bukit Timah Road # 05-01/02 , Boon Siew Building , Singapore 229833.

Pemegang Saham
PT Unggul Indah Cahaya Tbk.  100%

Dewan Direksi
Direktur                    : Hartono Gunawan
(mengundurkan diri sejak 20 Desember 2006)
Direktur                    : Yani Alifen
Direktur                    : Jimmy Masrin
Direktur                    : Andi Solaiman

Jumlah Karyawan
9 Orang

Jenis Usaha
Perdagangan & Investasi




-back to the top-


Albright & Wilson (Australia) Limited (AWAL)

AWAL adalah produsen utama dari phosphoric acid, technical dan food grade phosphate, serta polyphosphate, serangkaian produk surfactant, bahan baku deterjen dan bahan pembantu untuk beton dan eternit. Produk-produk ini digunakan dalam industri kosmetik, deterjen, pengolahan makanan, finishing logam, kertas, shampo, pertambangan dan pengolahan mineral, obat-obatan, pupuk serta pengelolaan gedung dan air.

AWAL memiliki dua pabrik di Australia, produk-produk phosphate diproduksi di Yarraville , Victoria dan produk-produk surfactant diproduksi di Wetherill Park , New South Wales. Kedua pabrik tersebut telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Untuk fasilitas penjualan, pemasaran dan gudang berlokasi di Brisbane, Melbourne, Perth dan Sydney.

AWAL mempunyai 100% kepemilikan Albright & Wilson New Zealand Limited (AWNZ), sebuah perusahaan dagang yang menyediakan fasilitas pemasaran dan gudang untuk produk-produk AWAL di Selandia Baru.

Pasar phosphate AWAL telah mengalami penyusutan, karena adanya impor produk-produk murah Cina ke Australia. Hal tersebut membuat manajemen harus mengambil keputusan untuk menghentikan sementara pabrik phosphoric acid di Yarraville-Melbourne. Sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku, dengan tidak adanya ketidakpastian arus kas di masa mendatang dari harta tersebut, AWAL mencatat rugi penurunan nilai aktiva dan mencadangkan biaya restrukturisasi karyawan sehubungan dengan hal tersebut sejumlah US$ 3,3 juta dalam biaya operasionalnya.

Pendapatan bersih tahun 2005 adalah sebesar AUS$ 100,1 juta yang menurun sedikit dari tahun lalu (AUS$ 103,9 juta). Walaupun AWAL mengalami penurunan pada marjin laba kotornya menjadi 12,5% pada tahun ini dibandingkan tahun lalu sebesar 15,6%, AWAL telah melaksanakan pengurangan biaya pinjaman selama tahun 2005 dengan melakukan pembayaran sebagian besar pinjaman jangka panjangnya.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, manajemen memfokuskan perhatiannya pada bisnis phospate. Untuk menjaga sebagian pasokan phosporic acid-nya. Perusahaan telah memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan yang memproduksi phosporic acid di Nanning, Cina.

Dengan mengamankan pasokan dan biaya bahan baku, investasi phosphoric acid tersebut diharapkan dapat memelihara dan bahkan memperkuat posisi persaingan AWAL dan Petrocentral dengan Cina di pasar terbuka baik di Australia maupun di Indonesia.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
AWAL didirikan pada tahun 1939 menurut Victorian Company Law, saat ini terdaftar sebagai perusahaan publik menurut Australian Company Law dengan nomor perusahaan Australian Company Number (ACN) 004 234 137.

Lokasi
Berkantor pusat di 295 Whitehall Street , Yarraville 3013, Victoria , Australia. Pabrik pengolahan phospate dan surfactant masing-masing terletak di Melbourne dan Sydney.

Pemegang Saham
Universal Interchemicals Corp. Pte., Ltd.    99,99%
Hartono Gunawan                      0,05% (1 saham)
Yani Alifen                                  0,05% (1 saham)

Susunan Direksi
Direktur: John albert Leith
Direktur: Eddy William Katuari
Direktur: Paulus I. Setiawan
Direktur: Jimmy Masrin
Direktur: Kartika D. Antono
Direktur: Yani Alifen

Jumlah Karyawan
122 orang

Jenis Usaha
Perdagangan dan Investasi

Produk
Linear Alkylbenzene Sulfonic Acid (LABSA)
Sodium Tripolyphosphate (STPP)
Phosphoric Acid
Food Phosphates and Blends
Sodium Hexametaphosphate
Sodium Lauryl Ether Sulphate (SLES)
Napthalene Sulfonate Formaldehide (NSF)

Kapasitas Produksi Terpasang
Phosphate : 45.000 MT per tahun
NSF : 20.000 MT per tahun
Surfactant : 25.000 MT per tahun

Fasilitas Produksi
Pabrik di Melbourne khusus memproduksi produk-produk phosphoric acid, phosphate, baik untuk jenis food grade maupun untuk jenis technical grade serta polyphosphates, sedangkan pabrik di Sydney memproduksi produk-produk surfactant, bahan baku deterjen dan NSF.

Pemasaran dan Distribusi
Produk-produk AWAL menduduki posisi yang dominan di pasar Australia dan New Zealand.

Lokasi dan Jenis Aktiva Tetap
Lokasi tanah dan bangunan pabrik, mesin dan peralatan terletak di Yarraville Site, Melbourne dan Wetherill Park , Sydney , Australia.




-back to the top-


Wiranusa Grahatama (WG)

PT Wiranusa Grahatama (WG), yang didirikan pada tahun 1996, memiliki 3,5 hektar tanah yang berlokasi di jantung kota Jakarta. Di tahun 2004, WG memulai kegiatan untuk membangun komplek apartemen dan perkantoran, yang telah tertunda sejak tahun 1997.

Saat ini, proyek yang sedang dibangun WG adalah Pearl Garden low-rise resort apartment. Lebih dari sekedar komplek apartemen, Pearl Garden menghadirkan konsep baru di mana alam dan gaya hidup mewah menyatu secara harmoni. Sebuah konsep yang membuat Pearl Garden menjadi suatu pengalaman kehidupan resor yang unik. Dengan luas tanah 3,5 hektar, jumlah unit yang sangat terbatas dan kualitas bangunan yang tinggi, Pearl Garden adalah sesuatu yang pantas didambakan.

Semenjak Pearl Garden membangun sebuah jembatan yang menghubungkan lokasinya yang nyaman dengan akses menuju jalan bebas three-in-one, masalah three-in-one sudah bukan merupakan persoalan lagi.

Seluruh fasilitas di Pearl Garden setara dengan fasilitas hotel berbintang lima . Resor ini menawarkan berbagai jenis taman, dari dry garden bergaya Jepang yang mempesona hingga taman tropis yang rimbun dan gabungan beberapa elemen air yang indah. Seluruh unsur dalam resor tersebut khusus dirancang untuk menghadirkan suasana yang benar-benar alami. Unit-unitnya dirancang dengan luar biasa dan inilah yang membuat Pearl Garden sangat unik.

Dalam proyek Pearl Garden ini, WG telah menunjuk konsultan-konsultan dan kontraktor-kontraktor yang terkenal seperti, PT Total Bangun Persada, Davis Langdon and Seah, Coldwell Banker. Artis di balik Pearl Garden adalah Ir. B. Sardjono Sani M. Arch., seorang arsitek yang penuh inspirasi dan telah memenangkan berbagai penghargaan baik dari lembaga lokal maupun internasional.

Kami memantau dengan cermat biaya konstruksi dan pemasaran melalui manajemen dan kontrol yang efektif. Dimulai dengan peletakan batu pertama pada Januari 2005, kemudian penyelesaian pondasi pada April 2005, dan pada Maret 2006 Pearl Garden telah mengadakan acara perayaan penutupan atap konstruksinya. Kami percaya seluruh unit apartemen tersebut akan diserahkan kepada penghuni-penghuni barunya dengan tepat waktu.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
PT Wiranusa Grahatama didirikan berdasarkan akta No. 149 tanggal 12 Agustus 1988 yang dibuat di hadapan Notaris Benny Kristianto SH yang dimuat dalam Berita Negara R.I tanggal 5/1-1990 No. 2 beserta perubahan-perubahannya dan yang terakhir adalah akta No. 52 tanggal 27 Agustus 2005 yang dibuat oleh Notaris Popie Savitri Martosuhardjo Pharmanto SH.

Lokasi
Berkantor pusat di Wisma UIC Lantai 1, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 6-7, Jakarta 12930

Pemegang Saham
PT Unggul Indah Investama        55%
PT Salim Chemicals Corpora      27%
PT Ekaprana Graha Andika        18%

Susunan Direksi
Komisaris Utama : Andi Hartandi
Komisaris            : Eddy William Katuari
Komisaris            : Jimmy Masrin
Komisaris            : Juventius Sukarman
Komisaris            : Hanny Sutanto

Dewan Direksi
Direktur Utama     : Yani Alifen
Direktur                : Andi Solaiman
Direktur                : Shannon Masrin
Direktur                : Finney Henry Katuari
Direktur                : Budi Nurwono

Jumlah Karyawan
25 orang

Jenis Usaha
Properti

Produk
Komplek Apartemen dan Perkantoran "Pearl Garden"

Lokasi dan Jenis Aktiva Tetap
Tanah dan bangunan yang berlokasi di Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 4-7, Jakarta Selatan 12930




-back to the top-


United Austindo Chemicals Pte., Ltd. (UACPL)

UACPL merupakan Anak Perusahaan yang 75% dan 25% sahamnya masing-masing dimiliki oleh AWAL dan Petrocentral. UACPL yang didirikan pada tanggal 7 Februari 2006 dan terdaftar dengan nomor usaha 200601616C di Singapura bergerak dalam bidang investasi. UACPL saat ini memiliki 40% kepemilikan saham atas Fang Cheng Tian-Mu Chemical Co., Ltd., China, perusahaan yang memproduksi Phosphoric Acid.


-back to the top-

Informasi Perusahaan


Pendirian
United Austindo Chemicals Pte., Ltd. didirikan pada tanggal 7 Februari 2006 dan terdaftar dengan nomor usaha 200601616C.

Lokasi
Berkantor di 179 River Valley Road #03-06, River Valley Building, Singapore 179033

Pemegang Saham
Albright & Wilson (Australia) Limited  75%
PT Petrocentral                                   25%

Dewan Direksi
Direktur Utama     : Yani Alifen
Direktur                : Andi Solaiman
Direktur                : Edy William Katuari
Direktur                : Jimmy Masrin

Jenis Usaha
Investasi




-back to the top-