Laporan Direksi
  • Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan yang kami hormati,


    Puji syukur kepada Tuhan atas rahmat dan karunia-Nya sehingga di tahun 2021 Perseroan dapat mencatatkan kinerja yang baik ditengah kondisi ekonomi yang masih belum stabil akibat pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini.

    Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan program vaksinasi secara aktif dari Pemerintah untuk masyarakat Indonesia dan ditambah dengan diberikannya stimulus-stimulus yang mendukung pertumbuhan ekonomi, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2021 ini mencapai 3,96% meningkat dibandingkan pertumbuhan di tahun 2020 yang mengalami kontraksi 2.07%.

    Di tengah kondisi yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19, terdapat juga hal positif yaitu berubahnya kesadaran dan prilaku masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan.
    Hal ini secara tidak langsung memberikan keuntungan bagi Perseroan yang bergerak di bidang bahan pembersih. Saat ini Perseroan merupakan salah satu dari industri yang bertahan
    dan bahkan meraih pertumbuhan usaha.

    Dengan penuh rasa syukur kami melaporkan bahwa pada tahun 2021 Perseroan telah mencapai kinerja keuangan yang baik, dengan mencatatkan penjualan konsolidasian sebesar USD 371,08 juta meningkat sebesar 14,19% dibandingkanpenjualan konsolidasian tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 324,96 juta. Laba bersih Perseroan pada tahun 2021 tercatat sebesar USD 58,05 juta meningkat 112,69% dibandingkan laba bersih tahun 2020 yang tercatat sebesar USD 27,29 juta.

    Keberhasilan tersebut mendorong kami untuk terus mempertahankan kinerja yang positif juga kesiapan/kesiagaan kami dan terus berupaya untuk melakukan pengembangan berkelanjutan.

    Komitmen Perseroan untuk melakukan pengembangan yang berkelanjutan merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dimasa sekarang dan mendatang.
    Kami menyadari bahwa kami memiliki kewajiban untuk meyakini
    dan turut berpartisipasi dalam menyelaraskan antara kepentingan lingkungan, sosial, dan ekonomi yang merupakan kunci untuk keberlangsungan dan perkembangan usaha di masa depan.


    Strategi dan Kebijakan Strategi

    Meningkatnya kesadaran masyarakat atas pola hidup yang bersih dan sehat berdampak kepada peningkatan permintaan produk Perseroan. Oleh karena itu Perseroan akan melakukan perluasan kapasitas produksi dengan tambahan kapasitas sebesar 120.000 MT per tahun. Perluasan kapasitas ini diharapkan dapat dilaksanakan pada akhir tahun 2022 dan selesai pada tahun 2024.

    Sementara ini, Perseroan akan tetap memaksimalkan produksi dan menjaga kelancaran jalur distribusi untuk selalu menjamin ketersedian bahan baku dan kelancaran produksi pelanggan setia kami baik didalam maupun diluar negeri, sambil terus memperluas pangsa pasar baru.

    Dalam menjalankan kegiatan usaha, Perseroan memastikan kesiapan penanganan pandemi secara mandiri, antara lain dengan menetapkan peraturan kerja bagi karyawan pabrik dan kantor yang mengacu pada protokol kesehatan yang di tetapkan oleh Pemerintah Indonesia. Guna menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan, Perseroan juga telah melaksanakan program vaksinasi COVID-19 untuk karyawan dan keluarganya, sehingga kegiatan usaha Perseroan dapat tetap berjalan lancar dan efektif.

    Perseroan terus meningkatkan penerapan aspek keberlanjutan pada setiap kegiatan usahanya dan menciptakan operasi yang ramah lingkungan dan dikelola secara professional sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


    Peranan Direksi dalam Perumusan strategi dan kebijakan
    strategis

    Direksi Perseroan mempunyai peran yang sangat penting dalam perumusan strategi dan kebijakan Perseroan guna mencapai tujuan Perseroan serta memberikan imbal balik yang maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan. Dengan pengalaman dan keahlian di bidangnya masing-masing Direksi Perseroan merumuskan strategi dan kebijakan yang akan diterapkan oleh Perseroan untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

    Seluruh strategi dan kebijakan Perseroan yang dirumuskan, telah melalui proses penelaahan dan diskusi yang mendalam. Direksi Perseroan dibantu oleh jajaran manajemen dalam menganalisa risiko-risiko manajemen di bidang keuangan, non keuangan dan penjajakan terhadap prospek-prospek usaha. Hasil akhir perumusan disampaikan kepada Dewan Komisaris untuk saran dan pertimbangan.

    Direksi, dibantu oleh team manajemen, unit Internal Audit dan Sekretaris Perusahaan, selalu memantau penerapan strategi dan kebijakan yang telah ditetapkan dan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan sejalan dengan perubahan situasi dan kondisi perekonomian.


    Perbandingan hasil dengan target

    Pada tahun 2021 harga minyak mentah dunia mengalami trend yang terus meningkat. Kenaikan harga minyak mentah ini sangat mempengaruhi harga bahan baku dan juga harga jual produk Perseroan.

    Dengan kenaikan harga jual dan masih tingginya permintaan atas produk Perseroan, maka Perseroan mencatatkan pendapatan konsolidasian sebesar USD 371,08 juta, yang melampaui target pendapatan tahun 2021 sebesar USD 323,11 juta. Hal tersebut juga memungkinkan Perseroan mendapatkan margin yang lebih tinggi di tahun 2021 dan mencatatkan laba usaha sebesar USD 72,72 juta melebihi laba usaha yang ditargetkan pada tahun 2021 sebesar USD 37,68 juta.


    Kendala yang dihadapi


    Covid-19 dan karantina menyebabkan berkurangnya kapal pengangkut bahan baku dan juga hasil produksi sehingga mengakibatkan keterlambatan dan kenaikan ongkos angkut.

    Protokol kesehatan selama masa pandemi membatasi pertemuan dan pembahasan secara langsung dengan pihak-pihak terkait dan kontraktor sehingga terpaksa dilakukan secara daring. Selain itu pemberlakukan penutupan perbatasan dan karantina bagi pendatang juga mempengaruhi progress penyelesaian proyek. Akibatnya rencana awal perluasan kapasitas pabrik mengalami keterlambatan.


    Gambaran prospek usaha


    Pada tahun 2022 diharapkan kondisi perekonomian global akan semakin membaik begitupun dengan kondisi perekonomian Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia ditahun 2022 diprediksi Bank Indonesia akan berada di kisaran 4,7% - 5,5%.
    Prediksi tersebut dilandasi indikator pertumbuhan ekonomi
    tahun 2021 yang terus mengalami peningkatan.

    Dengan Pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik disertai dengan jumlah dan pertambahan penduduk Indonesia, yang konsumsi deterjen perkapitanya masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, memberikan prospek yang cerah untuk industri deterjen dan bahan  pembersih lainnya. Bertambahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan juga meningkatkan konsumsi pemakaian deterjen dan produk kebersihan lainnya, oleh karena itu, kami tetap optimis akan masa depan Perseroan.

    Pada tahun 2022 Perseroan akan memulai proyek penambahan kapasitas produksi sebesar 120.000 MT per tahun. Penambahan kapasitas ini diharapkan akan memperkuat posisi Perseroan di pasar domestik maupun internasional dimana Perseroan dapat memberikan komitmen dan sustainability untuk memenuhi permintaan para pelanggan dan mengirimkannya secara tepat waktu.


    Penerapan Tata Kelola


    Sebagai Perusahaan yang menyadari pentingnya pertumbuhan berkelanjutan, Perseroan tetap memberikan perhatian terhadap aspek lingkungan, sosial dan tata Kelola (ESG-Environtment, Social and Governance), dimana aspek ESG merupakan penopang utama untuk terwujudnya pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.


    Perseroan senantiasa memandang bahwa penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) merupakan aspek penting dalam pengelolaan Perseroan untuk menjaga kepentingan seluruh pemangku kepentingan dan juga untuk meningkatkan kepercayaan serta nilai bagi para Pemegang Saham dalam meraih pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

    Untuk itu Perseroan berupaya memastikan prinsip-prinsip dasar dari GCG yaitu: Keterbukaan, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independesi dan Kewajaran diterapkan pada seluruh aspek usaha dan pada seluruh tingkatan manajemen serta dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perseroan selalu berupaya memastikan organ-organ Perseroan seperti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, Direksi dan juga organ-organ pendukung GCG lainnya seperti Komite Audit, Unit Internal Audit dan Sekretaris Perusahaan berfungsi dengan baik guna menunjang berjalannya GCG dalam Perseroan.

    Pada tahun 2021, Perseroan telah melaksanakan seluruh kewajiban penyelenggaraan pelaporan dan keterbukaan informasi secara tepat waktu bagi seluruh pemangku kepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan
    yang berlaku.

    Pada tanggal 24 Juni 2021, Direksi Perseroan telah menyelenggarakan RUPS Tahunan untuk tahun buku 2020 dan juga RUPS Luar Biasa yang diselenggarakan untuk penyesuaian Anggaran Dasar Perseroan dengan POJK 14/2019, POJK 15/2020 dan POJK 16/2020. Pada RUPS Tahunan tahun buku 2020 para Pemegang Saham Perseroan telah menerima dan mengesahkan Laporan Tahunan 2020, termasuk di dalamnya Laporan Kegiatan Perseroan, Laporan Pengawasan Dewan Komisaris dan Laporan Keuangan Perseroan tahun buku 2020.

    Pada RUPS tahunan tersebut para Pemegang Saham juga telah memutuskan untuk membagikan dividen tunai atas laba bersih tahun 2020 yaitu sebesar USD 6,94 juta, dimana sebesar USD 2,98 juta telah dibagikan sebagai dividen tunai interim pada tanggal 29 Desember 2021 dan sisanya sebagai dividen tunai final sebesar USD 3,96 juta dibagikan kepada pemegang saham pada tanggal 16 Juli 2021. RUPS juga telah mengangkat kembali anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan untuk masa jabatan 2021–2026, tidak ada perubahan komposisi anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan dari komposisi yang sebelumnya.

    Sebagai bentuk komitmen Perseron untuk turut berperan aktif dalam menerapkan program keberlanjutan di bidang lingkungan hidup, Perseroan telah membentuk unit kerja yang secara khusus menangani bidang kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan (K3L). Perseroan juga secara berkelanjutan berupaya meningkatkan kompetensi dari unit kerja K3L dengan mengikutsertakan pada pelatihan-pelatihan terkait. Upaya Perseroan dalam pelestarian lingkungan hidup telah dibuktikan dengan diperolehnya sertifikasi ISO 14001:2015 dari SGS Systems & Services Certification sejak tahun 2004.

    Perseroan menjalin hubungan kerja dan komunikasi yang baik dengan para karyawan, memfasilitasi kebebasan berserikat tanpa memandang suku, agama, ras, golongan, serta gender. Perseroan menerapkan kebijakan kesetaraan dan keadilan bagi seluruh karyawan dalam penilaian kinerja, promosi dan pendidikan/pelatihan serta memenuhi hak-hak normatif karyawan sebagaimana diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Perseroan juga memastikan penerapan yang terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, asri dan ramah lingkungan.


    Komitmen Perseroan adalah menjaga kredibilitas Perseroan dengan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi bagi para pelanggannya dan mempertahankan kwalitas tersebut melalui sertifikasi standar mutu internasional ISO 9001:2015 yang
    diperoleh Perseroan sejak tahun 2003.

    Perseroan juga berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan baik dalam lingkungan Perseroan maupun dalam lingkungan masyarat di sekitar Perseroan. Perseroan turut berperan aktif dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja Perseroan dengan secara tegas menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan juga menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi karyawan Perseroan beserta anggota keluarganya dan juga masyarakat sekitar.

    Sebagai bentuk kepedulian Perseroan terhadap masyarakat di lingkungan sekitar, Perseroan bekerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNITIRTA) yang berlokasi di Serang, Banten memberikan beasiswa Diploma I (Kimia) bagi para pelajar lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Perseroan juga menyediakan lapangan kerja kepada masyarakat di sekitar lingkungan pabrik Perseroan (Pemuda Karang Taruna) sebagai program pemberdayaan sumber daya manusia dan juga turut perpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan sosial di lingkungan sekitar.


    Apresiasi

    Kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh karyawan yang telah bekerja dengan penuh dedikasi sehingga Perseroan dapat melewati tantangan tahun 2021 dengan pencapaikan kinerja yang baik. Kami berterimakasih juga kepada seluruh pelanggan, pemasok, kreditur, dan mitra bisnis atas dukungan, kerjasama dan kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami akan terus meningkatkan kerjasama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak di masa yang akan datang.

    Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Dewan Komisaris atas arahan yang telah diberikan dan juga kepada para Pemegang Saham atas kepercayaan yang telah diberikan.

    Kami tetap optimis Perseroan akan terus maju dan berhasil.


    -bt-

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Prospektus & Anggaran Dasar
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Konsolidasian