Laporan Dewan Komisaris
  • Yang terhormat Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan.

    Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan karunianya sehingga pada tahun 2021 ini Perseroan mencapai pertumbuhan usaha yang lebih baik dari tahun sebelumnya di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

    Berkembangnya pandemi Covid-19 yang telah merebak sejak awal tahun 2020, dan kemunculan varian delta di tahun 2021 menjadi tantangan bagi pemulihan ekonomi. Bersyukur Pemerintah Indonesia berhasil mengatasi tantangan tersebut dengan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan gencarnya program vaksinasi Covid-19, terbukti cukup efektif untuk menurunkan penyebaran pandemi.

    Selain itu berbagai stimulus yang diberikan Pemerintah Indonesia melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional, berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dimana tercermin pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi domestik mencapai 3,69% dengan tingkat inflasi yang terjaga di level 1,87%.

    Sejalan dengan membaiknya perekonomian, kinerja Perseroan juga menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik dan berada di atas target yang ditetapkan. Direksi Perseroan telah menerapkan strategi yang tepat sehingga memungkinkan Perseroan untuk membukukan laba tahun berjalan 2021 sebesar USD 58,05 juta, meningkat 112,69% atau USD 30,76 juta dari tahun sebelumnya.


    Penilaian terhadap Kinerja Direksi

    Menghadapi berbagi tantangan di tahun 2021, Direksi telah membuat sejumlah kebijakan strategis agar operasional Perseroan tetap dapat berjalan dengan optimal dan dapat mencapai target-target pertumbuhan usaha yang telah dicanangkan sebelumnya. Untuk mengatasi risiko operasional Direksi menerapkan sejumlah kebijakan, salah satunya menjalankan protokol kesehatan di lingkungan kerja, membentuk satuan tugas Covid dan melaksanakan program vaksinasi bagi karyawan dan keluarga. Dewan Komisaris menilai kebijakan ini sebagai langkah yang tepat untuk mendukung aktivitas karyawan dan keluarganya dengan lebih aman dan terlindungi.

    Direksi juga tetap fokus dalam menjalankan program dan rencana Perseroan pada semua lini kegiatan usaha Perseroan. Keberhasilan Direksi dalam menerapkan strategi Perseroan, terbukti dengan kinerja keuangan Perseroan tahun 2021 berhasil melampaui target yang ditetapkan. Atas pencapaian yang sangat baik tersebut, Dewan Komisaris mengapresiasi kinerja Direksi dan seluruh jajaran manajemen dalam mengelola Perseroan di tahun 2021 dan berharap Direksi dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.

    Dewan Komisaris senantiasa memberikan perhatian yang besar kepada implementasi strategi yang dijalankan Direksi dan kesesuaiannya dengan rencana jangka menengah dan panjang yang telah ditetapkan Perseroan. Dalam melakukan pengawasan, Dewan Komisaris juga mengoptimalkan fungsi Komite Audit yang secara khusus melakukan pengawasan menyeluruh terhadap kebijakan dan langkah-langkah strategis yang dijalankan Direksi.

    Dewan Komisaris juga secara aktif memberikan saran dan nasihat kepada Direksi untuk memastikan strategi pengembangan usaha Perseroan sesuai dengan rencana tersebut dalam rapat gabungan antara Direksi dan Dewan Komisaris. Pada kesempatan tersebut Dewan Komisaris menyampaikan saran, nasihat serta pandangannya terkait dengan pengelolaan Perseroan kepada Direksi. Dewan Komisaris dan Direksi mengedepankan prinsip saling menghormati wewenang masing-masing pihak dalam hubungan kerja yang sudah terjalin dengan baik.


    Pandangan atas Prospek Usaha yang Disusun Direksi

    Perekonomian Indonesia pada tahun 2022 diperkirakan akan semakin membaik dengan semakin banyaknya masyarakat yang telah mengikuti program vaksinasi dan berubahnya status pandemi menjadi endemi, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula, dengan kesadaran yang lebih waspada dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. Tahun 2022 Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Presidensi G-20. Semoga peluang ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kebangkitan ekonomi secara nasional dan global.

    Dewan Komisaris telah menelaah prospek usaha dan rencana kerja Direksi untuk tahun 2022 dan menilai target yang ditetapkan merupakan target yang realistis, dan strategi yang diterapkan Direksi akan menguatkan posisi Perseroan.

    Namun demikian, Dewan Komisaris tetap mengingatkan Direksi untuk tetap waspada dalam pengelolaan operasionalnya, pelaksanaan manajemen risiko dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat mengingat pandemi masih belum berakhir.

    Pandangan atas Penerapan Tata Kelola Perusahaan

    Dewan Komisaris berpendapat bahwa penerapan prinsip tata Kelola Perusahaan secara baik dan konsisten akan dapat memberikan nilai positif bagi Perseroan dan meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan kepada Perseroan. Karena itu, Dewan Komisaris mendukung upaya-upaya yang dilakukan Direksi untuk terus meningkatkan/ menyempurnakan mekanisme, struktur dan fungsi-fungsi organ Perseroan guna menunjang terciptanya Tata Kelola Perusahaan yang semakin baik.

    Dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pengawasannya dalam tata kelola perusahaan, Dewan Komisaris dibantu oleh Komite Audit dalam menelaah laporan keuangan Perseroan, independensi Akuntan Publik, kecukupan pengendalian intern, juga dalam mengevaluasi total paket remunerasi untuk Dewan Komisaris dan Direksi serta kepatuhan Perseroan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

    Atas rekomendasi Komite Audit dan evaluasi yang seksama terhadap laporan keuangan konsolidasian auditan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021, Dewan Komisaris telah menyetujui dan menerima laporan keuangan tersebut.

    Apresiasi

    Kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan dan kerjasama yang berkelanjutan dan kepercayaan kepada Perseroan sepanjang waktu ini. Kami berharap agar kerjasama yang baik dan saling mendukung selama ini dapat diteruskan dan ditingkatkan.





    -bt-

Hubungan Investor
  • Laporan Dewan Komisaris
  • Laporan Direksi
  • Analisa dan Pembahasan Manajemen
  • Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian
  • Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian
  • Grafik Keuangan Penting
  • Analisa Rasio
  • Prospek dan Strategi Usaha
  • Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Risiko
  • Prospektus & Anggaran Dasar
  • Saham, Dividen dan Kronologis Pencatatan Saham
  • Perubahan Peraturan, Perundang-undangan dan Kebijakan Akuntansi Signifikan
  • Laporan Tahunan
  • Laporan Keuangan Konsolidasian