Tata Kelola Perusahaan yang Baik
  • Perseroan memandang penerapan “Tata Kelola Perusahaan yang Baik” (Good Corporate Governance/GCG) merupakan bagian integral dari praktik bisnis dalam menjaga kelangsungan usaha Perseroan dan meningkatkan akuntabilitas Perseroan dalam
    memberikan nilai tambah bagi Pemegang Saham dengan tetap mempertahankan kepentingan pemangku kepentingan.

    Dengan perspektif ini, Perseroan berkomitmen untuk  menempatkan GCG sebagai pondasi utama dalam operasi Perseroan dan berupaya untuk menerapkan prinsip-prinsip GCG dalam pelaksanaan kegiatan usahanya. Penerapan GCG ini berlandaskan pada Undang-undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, Undang-undang No. 8 Tahun 1995 tentang
    Pasar Modal, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI), Anggaran Dasar Perseroan, serta prinsip-prinsip GCG yang meliputi keterbukaan, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi serta kewajaran dan kesetaraan.

    Struktur GCG Perseroan dibentuk untuk memastikan penerapan GCG secara sistematis dengan pembagian peran dan tanggung jawab yang jelas. Sesuai dengan Undang-undang No. 40 tahun 2007 tentang Perusahaan Terbatas, Struktur GCG Perseroan
    terdiri dari: Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan. Ketiga organ Perseroan ini dibantu dan didukung oleh Komite Audit, Sekretaris Perusahaan dan Unit Audit Internal yang masing-masing memegang peranan penting dalam pelaksanaan GCG.

    Struktur Tata Kelola Perseroan



    RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM (RUPS)

    RUPS merupakan otoritas dan badan tata kelola tertinggi pada Perseroan di mana para Pemegang Saham dapat menggunakan hak dan otoritasnya pada manajemen Perseroan. RUPS memiliki kekuasaan antara lain:

    • Mengangkat dan memberhentikan anggota Dewan Komisaris serta Direksi Perseroan;
    • Menentukan jumlah remunerasi bagi Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan;
    • Menilai kinerja Perseroan;
    • Mengesahkan perubahan Anggaran Dasar Perseroan;
    • Memberikan persetujuan atas laporan tahunan dan mengesahkan laporan keuangan;
    • Memutuskan penggunaan laba bersih Perseroan;
    • Memberi persetujuan atas transaksi afiliasi dan benturan kepentingan yang dilakukan Perseroan;
    • Menunjuk Akuntan Publik Perseroan.


    RUPS Tahunan diselenggarakan satu tahun sekali dan wajib diadakan dalam jangka waktu paling lambat 6 (enam)bulan setelah tahun buku berakhir, sedangkan RUPS Luar Biasa dapat dilakukan setiap waktu berdasarkan kebutuhan untuk kepentingan Perseroan. Untuk melindungi kepentingan Pemegang Saham, Perseroan memastikan bahwa RUPS diselenggarakan tepat waktu dan dipersiapkan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dan peraturan Bursa Efek Indonesia.


    Keputusan dan Realisasi Hasil RUPS pada tahun 2020

    Pada tanggal 29 Juli 2020, Perseroan menyelenggarakan RUPS Tahunan untuk tahun buku 2019, yang hasil keputusannya telah tertuang dalam Akta Berita Acara RUPS Tahunan No. 262 tertanggal 29 Juli 2020 yang dibuat oleh Notaris Christina Dwi Utami, S.H., M.Hum., M.Kn. Seluruh hasil keputusan dalam RUPS Tahunan tersebut telah direalisasikan pada tahun buku 2020.

    Keputusan dan Realisasi RUPS tahun 2021
    Pada tahun 2021, Perseroan menyelenggarakan RUPS Tahunan untuk tahun buku 2020 dan RUPS Luar Biasa sehubungan dengan persetujuan dan pernyataan kembali Anggaran Dasar Perseroan, kedua RUPS tersebut diselenggarakan pada:
    Hari/Tanggal         : Kamis/24 Juni 2021
    Waktu                 : RUPS Tahunan : 10.19 – 11.11 WIB
                               RUPS Luar Biasa: 11.17 – 11.25 WIB
    Tempat                : Hotel Indonesia Kempinski
                                Ruang Heritage I, Lt.16
                                Jl. M.H. Thamrin No.1, Jakarta

    Keputusan RUPS Tahunan tahun buku 2020 tersebut telah dituangkan dalam Akta Berita Acara RUPS Tahunan No. 196 tanggal 24 Juni 2021, sedangkan Keputusan RUPS Luar Biasa telah dituangkan dalam Akta Berita Acara RUPS Luar Biasa No. 197 tanggal 24 Juni 2021, keduanya dibuat oleh Notaris Christina Dwi Utami, S.H., M.Hum., M.Kn. Berikut adalah keputusan-keputusan dalam RUPS Tahunan dan RUPS Luar Biasa
    di tahun 2021: