Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
  • Tanggung Jawab Sosial Perusahaan merupakan bentuk komitmen Perseroan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup bagi karyawan, masyarakat dan lingkungan sekitar. Perseroan menyadari, bahwa untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang dibutuhkan keharmonisan yang selaras antara Perseroan dengan lingkungan dan masyarakat sekitarnya, di mana Perseroan merupakan satu kesatuan dan bagian dari masyarakat.

    Sebagai suatu program berkelanjutan dari Tanggung Jawab Sosial Perusahaan tahun sebelumnya, program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan tahun 2017 diprioritaskan pada bidang pendidikan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di sekitar lingkungan tempat Perseroanberoperasi, di mana dalam perumusan dan implementasinya Perseroan selalu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat. Perseroan juga selalu berupaya meningkatkan program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan menjaga kelestarian Lingkungan bagi karyawan Perseroan dan masyarakat sekitar.

    Sepanjang tahun 2017, Perseroan telah melaksanakan program-program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan pada bidang-bidang berikut:

    Lingkungan Hidup

    Perseroan berupaya untuk selalu konsisten dalam melaksanakan pelestarian lingkungan hidup dalam lingkungan kerja, antara lain dengan cara mengadakan program penghijauan di lingkungan pabrik, melakukan pengelolaan limbah industri dan pencegahan polusi. Upaya Perseroan tersebut telah dibuktikan dengan diperolehnya sertifikasi ISO 14001:2004 dari SGS Systems & Services Certification sejak tahun 2004.

    Perseroan juga telah memperoleh Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER - Peringkat Biru) untuk periode 2016-2017 yang diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

    Limbah Industri Perseroan dikelola oleh PT Wastec Internasional yang telah mempunyai ijin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 546/menlhksekjen/2015 tahun 2015 tentang Perpanjangan Izin Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun untuk Kegiatan Pengolahan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun PT Wastec Internasional, yang berlaku dari tanggal 31 Maret 2015 sampai dengan 30 Maret 2020 (lima tahun).

    Kesehatan dan Keselamatan Kerja

    Perseroan juga menyadari pentingnya program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam lingkungan kerja maupun lingkungan sekitar Perseroan. Dengan menerapkan program K3, Perseroan berkomitmen untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para karyawannya dengan berupaya menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, antara lain dengan mengirimkan karyawannya untuk mengikuti pelatihan dan worshop di bidang K3 agar memperoleh ketrampilan yang memadai, di samping itu Perseroan juga memfasilitasi penyediaan peralatan-peralatan K3 guna mendukung program K3 tersebut.

    Sejak tahun 2013, Perseroan telah mendapatkan pengakuan internasional dalam standar kesehatan dan keselamatan kerja yaitu sertifikasi Occupational Health & Safety Assessment Series (OHSAS 18001:2007) dari lembaga akreditasi Internasional, SGS Systems and Services Certification. Perolehan sertifikasi ini merupakan suatu bukti atas upaya Perseroan dalam mengutamakan kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja. Pada tahun 2017, Perseroan telah mendapatkan penghargaan Zero Accident dari Walikota Cilegon, Banten, Jawa Barat atas upaya Perseroan untuk menjaga keselamatan kerja karyawannya selama tahun 2017.

    Perseroan juga secara rutin memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi seluruh karyawan, penggantian biaya pengobatan bagi karyawan dan keluarga, dan juga mengadakan kerjasama dengan beberapa rumah sakit di sekitar tempat Perseroan beroperasi, untuk menjamin kesehatan dan penanganan kondisi darurat bagi karyawan dan keluarga. Perseroan juga turut mendukung program Pemerintah yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan, dimana seluruh karyawan Perseroan diikutsertakan ke dalam program BPJS tersebut untuk menjamin keselamatan kerja dan kesehatan karyawan Perseroan.

    Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

    Di bidang pengembangan sosial dan kemasyarakatan, pada tahun 2017 ini Perseroan telah melaksanakan beberapa program sebagai berikut:

    • Perseroan bekerja sama dengan Yayasan Hati Gembira telah memberikan bantuan bagi Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Taman Hati, Desa Kronjo, Tangerang berupa bangunan sekolah dan fasilitas penunjang lainnya. Tujuan utama pemberian bantuan ini adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar. Perseroan memberikan bantuan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi pada tingkat Sekolah Dasar (SD) yang berlokasi di lingkungan pabrik Perseroan.
    • Turut berpartisipasi dalam pemberian bantuan beasiswa Diploma I (Kimia) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) bagi para pelajar lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) di sekitar lingkungan pabrik Perseroan.
    • Perseroan juga menyediakan lapangan pekerjaan bagi para pemuda Karang Taruna di sekitar lingkungan pabrik dan memberikan kesempatan kepada pelajar untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di dalam Perseroan.
    • Perseroan turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial maupun keagamaan seperti kegiatan olahraga, pemberian bantuan hewan qurban dan sembako pada masyarakat sekitar dan juga memberikan sumbangan untuk yayasan-yayasan keagamaan dan kemasyarakatan lainnya.

    Pertanggung Jawaban Produk

    Perseroan mempunyai komitmen untuk memberikan produk yang berkualitas bagi para pelanggannya. Kredibilitas Perseroan untuk menjaga kualitas produk-produknya telah diakui melalui sertifikasi standar mutu internasional ISO 9001:2008 yang diperoleh sejak tahun 2003.

    Selain itu sistem pengiriman just-in-time yang diterapkan oleh Perusahaan memungkinkan Perusahaan untuk memberi pasokan kepada para pelanggannya secara tepat waktu. Kemampuan menerapkan jasa pengantaran tersebut memudahkan pelanggan untuk menekan biaya penyimpanan dan mengelola penggunaan persediaan mereka secara lebih efisien.

    Total biaya yang telah dialokasikan Perseroan untuk membiaya kegiatan Tanggung Jawab Sosisal Perusahaan selama tahun 2017 adalah sebesar Rp. 250 juta.

    Untuk program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di tahun mendatang, Perseroan akan tetap memperhatikan kondisi sosio-ekonomi baik di dalam maupun di luar lingkungan Perseroan dan turut aktif berpartisipasi di dalamnya. Program Tanggung Jawab Sosial Perseroan akan tetap dititikberatkan pada program di bidang pendidikan dan kesehatan masyarakat di sekitar lingkungan Perusahaan. Selain itu Perseroan juga akan terus berusaha meningkatkan fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan Perseroan dan melaksanakan program penghijauan lingkungan baik di dalam maupun di sekitar lingkungan pabrik.


    -j

Hubungan Industrial
  • Tanggung Jawab Sosial Perusahaan